Jenis suplemen makanan


Suplemen makanan terdiri dari zat gizi maupun non gizi yang memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Suplemen banyak sekali jenisnya. Berikut beberapa jenis suplemen makanan yang ada, antara lain :
1.      Vitamin
Vitamin merupakan nutrisi organik komplek yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimiawi. Umumnya vitamin tidak disintesis oleh tubuh sehingga harus dipasok dari makanan. Suplemen vitamin merupakan jenis suplemen yang paling banyak dikonsumsi. Hal ini karena vitamin memiliki fungsi penting dalam tubuh. Bila tubuh kekurangan vitamin, akan langsung terasa efeknya seperti letih, sariawan, bahkan sampai menderita penyakit tertentu. Jumlah penderita defisiensi vitamin cukup besar, apalagi dengan pola hidup masyarakat sekarang yang kurang mengonsumsi buah dan sayur. Apabila konsumsi buah dan sayur cukup, kita tidak perlu mengonsumsi suplemen. Buah dan sayur juga relatif lebih murah dan lebih aman dibandingkan suplemen (Kemdiknas, 2012)

2.      Mineral
 Mineral merupakan senyawa kimia selain unsur karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen yang berfungsi dalam proses biokimia tubuh sebagai elektrolit dan katalis enzim.  Mineral sangat penting karena tanpa mineral, enzim tidak akan bekerja dengan baik. Beberapa mineral yang sering digunakan sebagai suplemen adalah kalsium, zat besi dan selenium (Kemdiknas, 2012). Proses bio-kimia dan bio-elektris berlangsung setiap saat di dalam tubuh anda. Proses-proses tersebut hanya akan berlangsung dengan baik apabila mineral yang seimbang disediakan untuk sistem tubuh. Zat besi untuk darah, sulfur untuk otot, kalsium untuk tulang dan suatu kesatuan elemen-elemen lainnya dalam jumlah runut yang seimbang guna kelangsungan fungsi-fungsi tubuh dengan baik. Pada dasarnya, mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayuran segar yang dibudidayakan pada tanah yang subur adalah cara utama untuk mendapatkan spektrum penuh mineral ionis ( Mineralcmd, 2008)
 
3.      Asam Amino
 Asam amino adalah golongan senyawa organik sederhana yang mengandung karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, dan dalam beberapa hal juga belerang. Asam amino jika berikatan akan membentuk protein.  Asam animo ada yang dapat dibuat dalam tubuh, ada juga yang tidak. Asam amino yang tidak dapat dibuat dalam tubuh manusia disebut asam amino esensial. Asam amino ini harus disuplai dari makanan yang kita konsumsi.  Asam amino esensial inilah yang dibuat menjadi suplemen makanan. Salah satu contoh suplemen asam amino adalah taurin. Taurin banyak terdapat dalam produk yang diklaim dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini karena taurin dapat membantu mengatur kontraksi jantung dan tekanan darah sehingga tubuh terasa segar dan tidak cepat lelah ( Kemdiknas, 2012). Suplemen asam amino adalah suplemen dasar yang telah dipercaya oleh para atlit maupun binaragawan seluruh dunia untuk mendapatkan hasil optimal dari latihan  yang intensif ( Suplemenonline, 2012).


4.      Herbal
Herbal adalah jenis tanaman yang bisa dipakai sebagai bumbu masakan dan pengobatan. Suplemen herbal adalah suplemen yang mengandung zat aktif yang terdapat dalam tanaman dan memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan. Beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan suplemen adalah lidah buaya (dalam bentuk kapsul dan cairan), Gingko biloba (berfungsi sebagai antioksidan), ginseng (untuk menurunkan kolesterol dan manfaat lain), teh hijau (sumber antioksidan), dan tanaman herbal lain ( Kemdiknas, 2012).                            
Masih banyak suplemen lain dengan berbagai fungsi. Jenis suplemen makanan terus berkembang sesuai dengan perkembangan permintaan. Pola hidup yang tidak baik menimbulkan berbagai ancaman penyakit sehingga semakin banyak jenis suplemen dibutuhkan sebagai pencegahnya seperti suplemen antioksidan, anti penuaan, penurun berat badan, dan lain-lain.  

Daftar Pustaka                
Mineralcmd.2008. Mineral tersedia online di http://www.mineralcmd.com/faq.php
Suplemenonline. 2012. Amino Fuel Liquid Concentrate tersedia online di http://tokosuplemenonline.com/?242,amino-fuel-liquid-concentrate-(16-oz)


Comments

Popular Posts